Google Buat Fitur 3D Touch Versi Android Q

  • Rabu, 10 April 2019 - 07:48:12 WIB
  • Muh. Hifzul Fikri (Joung)
Google Buat Fitur 3D Touch Versi Android Q

Jakarta, CNN Indonesia -- Google nampaknya akan menambahkan sebuah fitur yang selama ini sudah tertanam di iPhone. Dalam versi terbaru Android, yakni Android Q, Google akan menambahkan 3D Touch dengan nama Deep Press. 

Dilansir dari Tech Radar, Apple memperkenalkan pertama kali Force Touch atau mereka iPhone menamakan 3D Touch pada September 2014. Ponsel iPhone 6s menjadi yang pertama memiliki fitur ini.

Setelah lima tahun, Android akhirnya menyusul dengan nama Deep Press. Berbagai bocoran mengungkap Google telah menambahkan kode untuk menambah fitur serupa dalam Android Q.

Hingga saat ini belum ada rincian detail mengenai fitur Deep Press. Dari mulai cara bekerja hingga perangkat mana saja yang akan mendapatkan tambahan fitur tersebut. 

Dikabarkan juga bahwa Android Q akan memiliki 'mode gelap' terhadap keseluruhan tema sistem operasi, serta dukungan lebih lanjut untuk menghubungkan perangkat ke layar besar layaknya Samsung DeX.Selain Deep Press, Google dikabarkan melakukan banyak pembaharuan pada Android Q. Seperti keamanan privasi pengguna. Salah satunya adalah permintaan izin aplikasi akan muncul tiap kali ada fungsi tertentu yang dibutuhkan oleh aplikasi, misal menggunakan fitur lokasi.

Tiga tombol khas Android juga akan hilang di Android Q. Tombol task, home, back akan diganti dengan 'pill'. Pill menggunakan gestur untuk melakukan fungsi ketiga tombol tersebut. Fitur gestur ini sebelumnya telah diperkenalkan dalam sistem Android Pie. Tapi, beberapa pengguna mengeluhkan akurasi penggunaan gestur ini karena terhalang oleh tombol 'back' yang belum dihilangkan.

Sayangnya, pecinta Android masih harus menunggu detail Android Q pada Mei mendatang dalam gelaran Google I/O.

Sumber: CNNINDONESIA.COM

  • Rabu, 10 April 2019 - 07:48:12 WIB
  • Muh. Hifzul Fikri (Joung)

Berita Terkait Lainnya