5 Tips Berkendara dengan Motor yang Aman Saat Puasa

  • Rabu, 08 Mei 2019 - 13:33:16 WIB
  • Muh. Hifzul Fikri (Joung)
5 Tips Berkendara dengan Motor yang Aman Saat Puasa

Beberapa dari kita lebih banyak menghabiskan waktu di jalanan saat bekerja. Misal Anda yang jadi petugas lapangan atau salah satu mitra dari perusahaan transportasi online.

Saat puasa, Anda akan tetap berada di jalanan meski kondisi tubuh sedang drop. Selain itu, sepanas apa pun udaranya Anda akan tetap berada di luar hingga target tercapai atau jam kerja habis.

Nah, berada di luar selama berjam-jam atau seharian tentu membuat tubuh jadi cepat lelah. Selain itu, puasa juga membuat Anda jadi mudah dehidrasi.

Kalau Anda ingin tetap kuat berada di jalanan dan puasanya berjalan dengan lancar tanpa ada gangguan sama sekali. Simak beberapa tips di bawah ini ya.

1. Makan sahur harus bernutrisi

Salah satu alasan yang membuat Anda sering merasa lemas saat berada di luar ruangan adalah nutrisi yang kurang. Untuk itu, Anda diwajibkan untuk makan sahur dengan porsi yang cukup agar bisa mengisi tenaga selama 13-14 jam.

Saat makan sahur perbanyak makanan yang mudah sekali mengenyangkan dan efeknya cukup lama. Anda bisa mengganti nasi putih dengan nasi merah yang mengandung banyak serat.

Selanjutnya perbanyak buah dan sayuran agar pencernaan sehat. Terakhir dan tidak kalah penting, jangan lupakan protein. Anda bisa mendapatkan protein dari susu atau dari aneka jenis daging.

2. Gunakan pakaian yang nyaman

Saat berada di luar ruangan, tubuh akan terpapar sinar matahari cukup lama. Kalau Anda menggunakan pakaian yang tidak nyaman, tubuh bisa jadi mudah berkeringat.

Kita ambil contoh sederhana saja, misal Anda menggunakan pakaian hitam atau jaket yang warnanya hitam. Warna ini akan menyerap panas dengan baik sehingga kondisi dehidrasi tidak bisa dihindari.

Coba gunakan jaket dengan warna yang netral. Lalu pakaian yang digunakan di dalam juga tidak terlalu panas serta berbahan lembut seperti katun.

3. Memperhatikan asupan air putih

Karena berada di sekitar jalan raya dari pagi hingga malam hari, Anda akan sering mengalami dehidrasi. Tubuh akan merasa sangat haus sehingga Anda sering merasa tidak nyaman.

Agar rasa haus yang sering terjadi saat puasa tidak muncul, Anda disarankan untuk minum air 8 gelas setiap hari. Penuhi kebutuhan airnya mulai dari sahur, berbuka, dan sebelum tidur.

Anda bisa mengonsumsi sebanyak 3-4 gelas air setiap sahur. Dengan jumlah ini tubuh tidak akan mudah haus meski Anda terpapar sinar matahari.

Bangun sahur agak awal, minum air per gelas dengan jeda sekitar 10 menit. Dengan jeda ini Anda bisa minum air dengan mudah.

4. Jangan lupakan olahraga

Agar tubuh tetap fit saat bekerja di lapangan. Jangan lupa untuk berolahraga setiap harinya atau seminggu 3-4 kali. Setiap pagi atau sore jelang berbuka sempatkan 15-30 menit untuk jogging atau angkat beban.

Kalau Anda pasif, rasa lemas akan sering muncul ketika berada di jalanan atau ketika mengendarai sepeda motor.

5. Istirahat yang cukup

Beristirahatlah yang cukup setiap harinya. Bekerja di jalanan atau sering berkendara dengan menggunakan motor bisa menyebabkan tubuh jadi sangat lelah.

Tubuh area tengah seperti punggung, panggul, tulang belakang akan nyeri setiap sore. Lalu area tangan juga merasakan hal yang sama.

Kondisi capai ini bisa diatasi dengan asupan nutrisi yang seimbang saat berbuka puasa dan tidak tidur terlalu malam sehingga porsi 6-8 jam bisa dipenuhi.

Nah, apa yang sering Anda lakukan agar tidak mudah lemas saat berada di jalanan?

BACA JUGA : Tips Berkendara Nyaman Saat Berpuasa

BACA JUGA : Yuk, Ikuti Tips Berkendara Aman Saat Puasa Ramadan

Sumber : Doktersehat.com

  • Rabu, 08 Mei 2019 - 13:33:16 WIB
  • Muh. Hifzul Fikri (Joung)

Berita Terkait Lainnya