Efek Buruk Media Sosial, Bikin Ketagihan hingga Serangan Jantung

  • Selasa, 11 Juni 2019 - 22:22:47 WIB
  • Muh. Hifzul Fikri (Joung)
Efek Buruk Media Sosial, Bikin Ketagihan hingga Serangan Jantung

Menghabiskan waktu dengan internet, secara tidak sadar dapat memengaruhi fungsi otak. Ketagihan atau hanya sekadar suka bermain media sosial di internet dapat memberi efek negatif pada otak.

Menurut jurnal yang dipublikasikan dalam World Psychiatry, internet dapat mengubah fokus dan perhatian seseorang. Hal ini tentu berpengaruh pada fungsi memori di otak serta interaksi sosial yang dijalani.

Dilansir dari laman The Health Site, peneliti menemukan bahwa pemakaian internet yang tidak dibatasi, memicu terbaginya fokus dan perhatian otak. Ini tentunya berpengaruh pada penurunan kapasitas otak dalam menjaga konsentrasi terhadap tugas yang dikerjakan.

Hasil gambar untuk ilustrasi gambar menggunakan sosmed

Pada penelitian tersebut, peneliti melihat bahwa internet memiliki sumber informasi yang unik dan begitu besar yang memberi rasa ketagihan pada otak. Sayangnya, jika digunakan berlebihan, berpotensi mengubah fungsi otak dalam menyimpan memori bahkan nilai serta ilmu pengetahuan yang sudah ada di otak.

Tak heran, penelitian tersebut membuat World Health Organization (WHO) pada tahun 2018 kemarin memberikan aturan mengenai pemakaian internet untuk anak. Aturan yang berlaku tersebut mengharuskan anak-anak usia 2-5 tahun hanya boleh menggunakan internet selama 1 jam per hari atau kurang dari itu. Hal ini untuk menjaga kesehatan fungsi otak pada anak sejak dini.

Sumber : viva.co.id

  • Selasa, 11 Juni 2019 - 22:22:47 WIB
  • Muh. Hifzul Fikri (Joung)

Berita Terkait Lainnya