8 Manfaat Tak Terduga Pare bagi Kesehatan Tubuh

  • Kamis, 13 Juni 2019 - 21:40:15 WIB
  • Muh. Hifzul Fikri (Joung)
8 Manfaat Tak Terduga Pare bagi Kesehatan Tubuh

Tidak banyak orang yang suka dengan makanan yang mempunyai rasa pahit seperti pare. Padahal, pare ini kerap diolah menjadi lauk sayur atau bahkan campuran dari jajanan seperti siomay. 

Meskipun rasaya pahit, manfaat pare ini ternyata luar biasa untuk kesehatan tubuh. Salah satu manfaat di dalam nya yaitu bisa menurunkan gula darah berlebih. 

Selain bisa menurunkan gula darah berlebih, lantas apa saja segudang manfaat pare, buah pahit yang banyak dimusuhi banyak orang ini? Yuk langsung saja simak, 8 manfaat pare untuk kesehatan berikut ini. 

1. Menurunkan Gula Darah 

Baru-baru ini, sebuah penelitian menemukan fakta bahwa pare bisa membawa efek positif untuk penderita gejala diabetes. Ketika 40 orang penderita diabetes mengonsumsi 2 gram pare setiap hari, gula darah ditemukan mengalami penurunan yang cukup. 

2. Mengatasi Sembelit

Sama hal nya seperti buah-buahan lainnya, pare juga mengandung banyak serat di dalamnya. Sehingga mengonsumsi pare bisa membantu melancarkan sistem pencernaan tubuh, termasuk dalam mengatasi sembelit. 

3. Mencegah Masalah Kulit

Pare kaya akan vitamin C yang merupakan antioksidan alami yang bisa menghilangkan radikal bebas pada kulit, sehingga mampu memperlambat proses penuaan dini, melindungi kulit dari kerusakan, serta dipercaya bisa mengobati penyakit atau infeksi kulit.

4. Menambah Nafsu Makan

Meskipun rasanya pahit, mengonsumsi pare juga dapat menambah nafsu makan. Hal ini karena pare mengandung momordicin yang berfungsi untuk meningkatkan nafsu makan dan fungsi pencernaan. 

5. Membersihkan Darah

Pare bersifat antimikoroba serta antioksidan. Sifat inilah yang dipercaya mampu untuk mengatasi kulit, kelainan darah, dan mengeluarkan racun dari tubuh. Beberapa masalah kulit yang bisa diatasi, antara lain: ruam kulit, jerawat, psoriasis, dan bisul. 

6. Menyehatkan Jantung

Mengonsumsi pare juga dapat menyehatkan jantung. Hal ini karena pare dipercaya mampu mengurangi kadar kolesterol LDL yang menyumbat dinding arteri. Tentunya, hal tersebut bisa membantu membersihkan darah serta menurunkan risiko penyakit jantung. 

7. Mengatasi Gangguan Pernapasan

Kandungan antiinflamasi dan kemampuan pare dalam menstimulasi sistem daya tahan tubuh akan membantu tubuh melawan sejumlah infeksi terkait sistem pernapasan. Serta kemampuan jahe juga baik dalam mengatasi sejumlah autoimun yang berkaitan dengan alergi. 

8. Menurunkan Kadar Kolesterol

Selain berperan dalam menurunkan kadar gula darah, pare juga ternyata bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Dengan rutin mengonsumsi pare, secara signifikan kadar kolesterol akan berkurang sehingga bisa mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. 

Meskipun pare mempunyai rasa yang pahit, tapi manfaat yang dibawanya begitu banyak bagi kesehatan. Abaikan sedikit pahitnya pare demi mendapatkan manfaat sehatnya. Yuk, mulai sukai pare dari sekarang!

Sumber : viva.co.id

  • Kamis, 13 Juni 2019 - 21:40:15 WIB
  • Muh. Hifzul Fikri (Joung)

Berita Terkait Lainnya