Tupoksi Bidang Pengelolaan Opini dan Informasi Publik

  • 05 April 2019

                                        Bidang Pengelolaan Opini dan Informasi Publik

Bidang Pengelolaan Opini dan Informasi Publik mempunyai tugas merumuskan dan menyiapkan bahan pelaksanaan kebijakan layanan bidang pengelolaan opini dan informasi publik. Dalam melaksanakan tugas, menyelenggarakan fungsi:

  1. perumusan kebijakan teknis pengelolaan opini dan informasi publik;
  2. pengoordinasian hasil pengolahan aduan masyarakat dengan instansi terkait;
  3. pelaksanaan pendokumentasian dan pengklasifikasian opini dan informasi publik;
  4. pengoordinasian pengelolaan opini dan informasi publik;
  5. pengoordinasian pengelolaan saluran komunikasi media internal;
  6. pengoordinasian pelaksanaan diseminasi pengelolaan opini dan informasi publik;
  7. penyusunan rumusan pola pembinaan pelayanan informasi pulik;
  8. pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan pengelolaan opini dan informasi publik; dan
  9. pelaksanaan tugas kedinasan lainnya yang diberikan atasan.

Seksi Monitoring Isu Publik dan Keterbukaan Informasi mempunyai tugas melaksanakan Pengelolaan Opini dan Aspirasi Publik.Dalam melaksanakan tugas, menyelenggarakan fungsi:

  1. pelaksanaan layanan monitoring isu publik di media (media massa dan sosial);
  2. pengumpulan pendapat umum (survey, jajak pendapat);
  3. pengolahan aduan masyarakat di Daerah;
  4. pelayanan pengelolaan hubungan dengan media (media relations); dan
  5. pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan.

Seksi Pengelolaan mempunyai tugas melaksanakan pengelolaan informasi dan memberikan layanan informasi publik untuk mendukung Kebijakan Nasional dan Pemerintah Daerah. Dalam melaksanakan tugas, menyelenggarakan fungsi:

  1. penyiapan bahan rumusan kebijakan teknis pengelolaan informasi publik;
  2. penyiapan bahan perencanaan pelaksanaan kebijak pengelolaan informasi publik;
  3. penyiapan bahan koordinasi kebijakan pengelolaan informasi publik;
  4. penyiapan bahan pengelohan informasi/kebijakan daerah;
  5. penyiapan bahan penyebarluasan informasi publik;
  6. penyiapan bahan pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan pengelolaan informasi publik;
  7. pengelolaan website; dan
  8. pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan.

Seksi Pengelolaan Media dan Layanan Penguatan Komunikasi  Publik mempunyai tugas melaksanakan pengelolaan media informasi dan komunikasi untuk mendukung kebijakan nasional dan pemerintah daerah. Dalam melaksanakan tugas, menyelenggarakan fungsi:

  1. pelaksanaan layanan pemantauan tema komunikasi publik dan citra positif pemerintah daerah;
  2. pelaksanaan pembuatan konten lokal dan pengemasan ulang konten nasional menjadi konten lokal;
  3. pelaksanaan pembuatan spanduk, brosur, pamflet dan lain-lain;
  4. pelaksanaan pengelolaan saluran komunikasi milik pemerintah daerah/media internal seperti stasiun TV lokal, radio, buletin atau jurnal dan pemutaran film, siaran keliling;
  5. pelaksanaan desiminasi informasi kebijakan melalui media pemerintah daerah dan non pemerintah daerah di Daerah;dan
  6. pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan.

  • 05 April 2019