Pra Bimtek Penyusunan Masterplan Smart City Lombok Timur

  • Kamis, 15 Juli 2021 - 17:47:41 WIB
  • M. Subhan Hadi
Pra Bimtek Penyusunan Masterplan Smart City Lombok Timur

Selong - Dalam menyukseskan Kabupaten Lombok Timur sebagai kota cerdas (smart city),  Pemerintah Kabupaten Lombok Timur melalui Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Lombok Timur melaksanakan Pra bimbingan teknis tahap 1 (satu) smart city Kabupaten Lombok Timur di ruang Rupatama 1 Kantor Bupati Lombok Timur pada Kamis Pagi, (15/07).

Acara ini dihadiri oleh Tim Assessor Kementerian Kominfo RI yang dilaksanakan Secara daring, Asisten 2 Bidang Ekonomi dan Pembangunan Lombok Timur, Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Lombok Timur, Ahmad Masfu, SE., MM. dan jajarannya, Inspektur Inspektorat Daerah Kabupaten Lombok Timur, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lombok Timur dan Perwakilan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Lombok Timur.

Bimbingan Teknis tahap 1 (satu) yang dilaksanakan mulai tanggal 15, 19 dan 22 Juli 2021 yang dilaksanakan secara daring via zoom antara Dewan Smart City, Tim Pelaksana Smart City dan Tim Pembimbing Teknis, membahas terkait teknis pelaksanaan dalam penyusunan masterplan smart city di Kabupaten Lombok Timur

Tim Assessor Kementerian Kominfo RI, Adi Mulyanto menjelaskan smart city merupakan salah satu konsep mengelola sumber daya di daerah secara efektif dan efesien dalam menyelesaikan permasalahan menggunakan solusi yang inovatif, terintegrasi dan berkelanjutan.

Selain itu tujuan dilaksanakannya smart city yakni mendukung program pemerintah dalam pengembangan kawasan pariwisata prioritas nasional khususnya di Kawasan Pariwisata Super Prioritas Mandalika.

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Lombok Timur yang diwakili oleh Asisten 2 Bidang Ekonomi dan Pembangunan Lombok Timur menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Lombok Timur sangat mendukung sepenuhnya program ini walaupun terkendala oleh anggaran yang semulanya sudah disiapkan sejak tahun 2020, namun terkendala oleh pandemi covid-19.

Dengan hadirnya smart city diharapkan dapat membantu Pemerintah Daerah dalam menjalankan program yang inovatif, terintegrasi dan berkelanjutan dengan memanfaatkan data dan teknologi dalam penyediaan infrastruktur dan  memberikan layanan-layanan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakatnya.

  • Kamis, 15 Juli 2021 - 17:47:41 WIB
  • M. Subhan Hadi

Berita Terkait Lainnya